Langsung ke konten utama

Slamet, Tanah Tertinggi Jawa Tengah

Sore itu gw terburu-buru, karena itu adalah perjalanan kedua gw di liburan Januari ini. perjalanan kali ini diikuti oleh beberapa senior. Sehabis magrib, gw langsung jalan ke rambutan naik angkot 112. Gw kira sepanjang jalan bakalan lancar, yah gataunya macet juga, maklum lah Jakarta. Sekitar jam 7:40 gw sampe di Rambutan, dan udah dikontek terus ama senior gw yang sekaligus jadi pemimpin perjalanan, Om Rido. Sampe sana langsung kita cus deh ke Purwokerto, pake bis ekonomi, tiketnya 55ribu. Itu adalah perjalanan gw bersama orang-orang yang sebelumnya ga pernah gw kenal, alias baru banget kenalan di gunung, kita berangkat ber 19 orang. Orang yang gw kenal di perjalanan cuma Om Rido, senior yang duduk sebelah gw namanya kak Fajar, kak Taufan dan kak Dayat.

Setelah berlama-lama di dalam bis, sampailah kita akhirnya di terminal Purbalingga jam 7 pagi. Kita berhenti di sini karena pos pendakian gunung Slamet lebih deket dari Purbalingga. FYI, di bulan Januari, bulan yang diselimuti dengan hujan dan badai besar ini, jalur yang dibuka untuk pendakian cuman 1 dari 3 jalur, yaitu jalur Bambangan. Untuk sampai ke Bambangan, kita sewa pickup dua mobil sampe Bambangan, atau lebih tepatnya desa Kutabawa. Sampai di sana jam 10 karena nunggu supir pickupnya yang tak kunjung tiba. Packing dan makan sampai jam 11, kita start trekking deh.

Pos pendakian jalur Bambangan

Baru lepas pos pendakian, kita disuguhi sama hujan deres. Baru jalan kira-kira 50 meter, salah satu senior, Bang Sowwam, penyakit syarafnya kambuh. Dia gabisa lanjut, dan mutusin untuk turun lagi, daripada nyusahin sesama. 18 orang tersisa. Perjalanan ke pos 1 diterka makan waktu 1,5 jam. Dan karena ada bbrp orang yang baru pertama naik, kita terus-terusan nahan setiap 15 menit. Alhasil sampe di pos 1 jam 1:20. Pos 1 Gn Slamet itu ada gubuknya, tapi ga ada mata air. Di sini kita solat zuhur + ashar sebelum lanjutin ke pos 2. Walaupun ujan udah berhenti, kita tetep waspada sama datangnya badai, karena keliatannya cuaca semakin buruk. Ada senior yang bbrp kali keram, dan secara diem-diem barang-barang dia di share ke cowo-cowo yang tasnya masih ada space. Walaupun tas si senior yang keram ini, sebut saja Tiwi, sudah hanya berisi sleeping bag doang, terlihat masih membutuhkan bantuan untuk tetep jalan.
Pos 1: Pondok Gembirung

Waktu menunjukkan pukul 3 sore. Hujan. Kita jalan terus, nembus hutan yang floranya sangat beragam dan berbeda dari tempat-tempat yang udah pernah gw lalui. Beberapa menit berlalu. Badai. Jalur di Slamet yang kurang bagus karena ga ada tapak untuk nanjak, diperparah dengan badai. Dan diperparah lagi karena gw pake sendal gunung. Kerikil masuk diantara kaki dan sendal, kena air bersuhu ekstrem, coverbag yang bocor, ditambah ponco yang juga robek. Tapi sore itu kita gaboleh nyerah, karena kalo nyerah, dan diam, itu akan membawa kita ke kondisi suhu yang makin ekstrem, bahkan bisa kena hipotermia. Saat itu, kita terbagi jadi 2 tim, tim inti dan advance. Gw di tim advance, jalan paling depan berlima. Kanan kiri udah mulai gelap karena alam sudah mulai manggil matahari kembali pulang, juga karena ketebalan awan yang makin menjadi. Sekitar jam 4:45, kita sampe di pos 2. Akhirnya. Pos 2 ini ga ada gubuknya kayak pos 1, jadi cuman tanah lapang aja. Kondisi masih hujan badai, dan kita sempet berunding apa akan naik atau tunggu tim inti di belakang.

Karena tim inti jauh banget di belakang, dan kata orang setempat di pos 3 ada gubuk, kita naik. Tapi baru bbrp meter naik, ada rombongan pendaki lain dari IPB yang bilang, “Pos 3 masih jauh, jalannya lebih curam, dan ga ada gubuk. Apalagi air”. Wah denger itu, kita langsung stop, dan tunggu di pos 2. Mereka (rombongan IPB) adalah 18 orang yang udah di Gn Slamet selama 3 hari, dan skrg mereka mau turun.

Gak lama setelah itu, 2 orang dari tim inti sampe di pos 2, dan nyampein kabar kalo di bawah ada salah satu dari kita yang kena hipotermia. 2 orang ini langsung nyuruh untuk narik kembali tim advance ke pos 1. Di tengah hutan, sekitar jam 5, kita sampe di tempat senior yang kena hipotermia. “Mbak, mbak sadar mbak!” senior gw nepokin muka mbak Yati yang kena hipotermia untuk nyadarin dia. Karena gw yang bawa kompor sama nesting, jadi gw sama seorang senior disuruh cepet-cepet ke bawah, ke pos 1 untuk masak air dan bawa makanan ke atas lagi. Akhirnya gw ngebut ke bawah, dan jam 5:20 udah sampe di pos 1. Bikin bbrp minuman anget, senior gw bawain lagi ke atas untuk ngangetin badan mbak Yati.

Bbrp menit kemudian satu persatu senior udah turun dari tekape. “Bang gimana kondisinya di atas?” “Mbak Yati kesurupan!”. Astaghfirullah. Udah mo magrib gini, kesurupan di tgh hutan, dan masih badai. Kira-kira udah ada 10 orang di dalem gubuk, sambil ngangetin badan dan ganti baju, gw bikin banyak minuman anget. Lepas magrib, gw disuruh senior untuk ke atas, bawain lebih byk makanan+minuman. Sempet ngeri juga sih, malam-malam, sendirian, berbekal 1 headlamp, di tgh hutan, badai, bawain logistik untuk orang yang kesurupan. Akhirnya gw jalan ke atas, udah setengah jam lari + nanjak belum ketemu juga. Sampe akhirnya ada cahaya senter, yang ternyata milik senior gw yang tadi sore nganter minuman anget ke atas. “Bang gimana keadaannya? Ini gw bawa logistik buat di sana” “si Mbaknya sih udh lumayan sadar, mereka ber 7 bikin 3 tenda di sana, dan lagi siapin bikin makanan.” “Tapi ini ada logistik buat mereka nih, temenin dah bang keatas”, “Waduh jal gw udah lemes jalan kena badai mulu dari sore”. Gawat juga, kaki gw udah lemes nahan badai sama kerikil dari tadi. Akhirnya kita berdua mutusin untuk turun ke pos 1, dan membiarkan mereka ber 7 di atas sana, menangani korban.

Ternyata, di pos 1 udah ada rombongan IPB yang tadi ketemu di atas, dan 1 di antara mereka juga ada yang kena hipotermia, dan kesurupan juga! Tapi yang jadi korban adalah seorang cowo entah siapa namanya. Akhirnya kita bikin 1 tenda di dalem gubuk, cewe di dalem ber 5, cowo ber 6 di luar tidur beralaskan matras beratapkan gubuk. Jam 9 kita tidur, dan hujan udah mulai reda. Tiap 1 atau 2 jam pasti bangun. ada yang bangun sekedar ngobrol lah, pake sleeping bag lah, bikin pisang goreng, ketawa-ketawa, cerita pengalaman, sampe ada yang donlot (bahasa gaulnya rombongan gw untuk pup).

Jam 4. Senior gw bangun, azan subuh. Sunrise di pos 1 ternyata indah juga. Untuk menghilangkan rasa kecewa karena pendakian hanya sampe pos 2, kita foto-foto di sini, berlatar belakang perkampungan purbalingga, ditambah samar-samar gunung sindoro + sumbing. Jam 8 pagi dan kita udah sarapan dan bbrp udah packing. Gw dan bbrp senior lain nyusulin ke atas untuk bantuin orang-orang di sana bawa barang ke bawah. Ada senior yang masih tertantang sama kemistisan Slamet, jadi dia gabung sama rombongan lain yang baru naik hari itu untuk menikmati puncak Slamet. Setelah itu, jam 11 siang barulah kita ber 17 turun semua dari pos 1.
View dr Pos 1

Langit siang pos 1
Di bawah, kita makan dan istirahat, sebelum pulang. Tapi, kebanyakan ga puas sama perjalanan ini, jadi sebagian pergi ke Dieng Plateau, kecuali gw, om Rido, adiknya, dan mbak Yati yang kmrn jadi korban. Di pos pendakian, kita ngobrol sama ustad dan orang setempat. Katanya kalo ada rombongan yang salah satu anggotanya lagi dtg bulan, nah pasti ada yang kesurupan, tapi blm tentu yang lg dtg bulan itu yang kena. Dan ada mitos lagi, di pos 1, ada kursi panjang berderet, dan jangan duduk di kursi paling pojok, paling jauh sama pintu, katanya ada yang jagain. Ada lagi nih, di depan pos 1, ada batu kyk tugu gitu, nah itu gaboleh didudukin, katanya ada yang jagain. Ya itulah, mungkin masih byk lagi mitos-mitos Gn Slamet jika kita naik sampe ke atasnya.

Postingan populer dari blog ini

Ungaran yang Menyenangkan

Tulisan ini tentang perjalanan kami kemarin, di bulan Februari 2019. Jadi kami abis dari Gunung Ungaran. Gunung Ungaran ini gak terlalu tinggi. Tapi dari segi pengalaman, gw merasa sangat menikmati. Gw bersyukur dikasih harta yg cukup, waktu, tenaga dan kesempatan beraktivitas yg menyenangkan dan terasa 'hidup' banget selama jalan-jalan kemarin. ======================= Kami berangkat bertujuh dari St Pasar Senen pukul sebelas malam, naik Tawang Jaya saat itu harga tiketnya 150ribu. Susah banget tidur di kereta. Padahal dulu gw tidur ya tidur aja. Jadi cuman meremin mata aja sambil berharap cepet-cepet subuh. Ketika mau cari lapak buat solat subuh keesokan harinya di gerbong restorasi (gerbong makan), eh ketemu temen kuliah, sebut saja Fadhil. Dia lagi balik kampung ke Semarang sekalian liburan ke tempat istrinya di Solo. Kebetulan jg di rombongan yg naik gunung kali ini, ada beberapa temen kuliah gw, yg jg temennya Fadhil. Kami langsung ngobrol banyak. Di akhir obrolan, F

Saduran The Book of Codes

Berikut ini saduran novel karya Zaynur Ridwan yang judulnya The Book of Codes. Buku ini tentang dunia perbankan, ada dramanya juga, mungkin ada juga sedikit unsur politiknya. Nah disimak aja tentang potongan novel ini. ### Secara sederhana kau bisa memahami seperti ini. Di sini ada Eyang, Ajeng dan kamu, Alif. Eyang punya uang 200 rupiah. Eyang meminjamkan uang kepada kalian berdua masing-masing sebanyak 100 rupiah lalu meminta pengembalian bunga 5 rupiah yang sama artinya dengan 5%. Itu berarti Eyang akan mendapatkan 210 rupiah dari kalian berdua, dengan asumsi masing-masing memberikan 105 rupiah, pada masa yang ditentukan dalam kesepakatan. Uang tersebut haruslah dicetak berdasakan jumlah barang yang ada, dalam hal ini sejumlah 200 rupiah. Ini teori ekonomi paling mendasar. Nilai uang disesuaikan berdasarkan nilai barang. Itu berarti Ajeng menjual barang yang nilai rupiahnya adalah 100 dan Alif menjual barang jug dengan nominal yang sama. Jika kalian berdua telah menjual habis da

First Trail Race

Jadi, setelah gw nyobain trail run di Gn Gede, sekarang gw pengen nyobain ikutan lomba trail run. Nah biasanya gw ikut lomba lari itu paling 5k, 10k atau paling jauh 21k. Skrg gw mau ngikutin lomba trail run pertama, dan jaraknya 30K. Agak nekat sih sebetulnya, tapi gw mau ikut lomba ini gara2 gw lg nganggur waktu itu, baru balik dari kampung inggris dan gak punya kerjaan. Duit pun gak ada, untungnya lomba ini fun run, biayanya cuma 50ribu aja, ya walaupun gak dapet medali atau kaos, cuma refreshment pas race, sama milo dan handuk tangan di finish. [Tulisan ini aslinya dibuat 6 Juli 2017, 2 tahun setelah pulang dari Tes IELTS habis dibina di Kampung Inggris] Waktu itu gw lagi abis2nya duit deh pokoknya, abis dari kampung inggris, abis tes ielts yg harganya 2.4 juta, eh lagi abis duit gitu malah dikeluarin lagi buat ikut lomba ini haha. Begitulah, kalo lg stres2nya gak punya uang, kita harus cari cara biar bisa menghilangkan kejenuhan itu, walaupun dengan pengorbanan.  Lombanya