Langsung ke konten utama

Ungaran yang Menyenangkan

Tulisan ini tentang perjalanan kami kemarin, di bulan Februari 2019. Jadi kami abis dari Gunung Ungaran. Gunung Ungaran ini gak terlalu tinggi. Tapi dari segi pengalaman, gw merasa sangat menikmati. Gw bersyukur dikasih harta yg cukup, waktu, tenaga dan kesempatan beraktivitas yg menyenangkan dan terasa 'hidup' banget selama jalan-jalan kemarin.

=======================

Kami berangkat bertujuh dari St Pasar Senen pukul sebelas malam, naik Tawang Jaya saat itu harga tiketnya 150ribu. Susah banget tidur di kereta. Padahal dulu gw tidur ya tidur aja. Jadi cuman meremin mata aja sambil berharap cepet-cepet subuh. Ketika mau cari lapak buat solat subuh keesokan harinya di gerbong restorasi (gerbong makan), eh ketemu temen kuliah, sebut saja Fadhil.

Dia lagi balik kampung ke Semarang sekalian liburan ke tempat istrinya di Solo. Kebetulan jg di rombongan yg naik gunung kali ini, ada beberapa temen kuliah gw, yg jg temennya Fadhil. Kami langsung ngobrol banyak. Di akhir obrolan, Fadhil ngajak main ke rumahnya di Semarang sekalian istirahat bentar. Salah satu temen gw ngeiyain aja, 'sambil minta sarapan', candanya.

Stasiun Semarang Poncol

Waktu yg ada buat mendaki sangat panjang karena kami nyampe Semarang pagi banget, jam 6. Karena terlalu panjang itu, akhirnya kami memutuskan ke rumah Fadhil dulu. Iya, padahal ada beberapa orang di rombongan kami yg baru kenal Fadhil saat itu juga. Langsung aja pada kenalan dan tetiba langsung main ke rumahnya. Waktu itu niatnya beneran cuma istirahat dan repacking.

Kami disambut orangtuanya Fadhil dan saudaranya di rumah yg gak jauh dari Kota Lama Semarang. Gak enak juga kami dateng-dateng lalu disuguhin cemilan, bahkan dikasih sarapan, dianterin belanja untuk keperluan pendakian, dan ditawarin pake motornya kalau mau beli peralatan pendakian yg tempatnya jauh.

Jajanan pasar suguhan ortunya Mas Fadhil

Mereka baik dan sangat gercep, karena ngeliat kami lusuh-lusuh dari Jakarta bawa tas besar, bapaknya tancap gas cari nasi gudeg buat kami sarapan. Kakaknya juga beres-beres rumah siapa tau dari kami ada yg mau pakai kamar mandi untuk bersih-bersih. Kami cuma bisa berterima kasih atas segala kebaikan mereka, orang-orang baik yg secara ajaib muncul di sudut kehidupan yg gak diduga.

Pagi penuh keberkahan di tanah orang

Mendekat ke pukul sembilan pagi, kami ke Halte Semarang Tawang utk naik bus Trans Jateng ke arah Terminal Bawen. Perjalanan sejam lebih, ongkos cuma 3500. Busnya mirip sama transjakarta yg kecil atau transjogja, seatnya juga sama. Bedanya ini bayarnya cash dan barang bawaan yg ditaro di lantai bus dikenakan 1x ongkos. Untuk perjalanan dari Semarang ke Bawen yg jauhnya 40km lebih ini sangat hemat dengan ongkos 3500 doang. Tapi untuk kenyamanan sangat kurang, apalagi weekend, karena pasti dapet berdiri, isi bus udah penuh, ditambah tiap halte ada penumpang tetep aja disuruh masuk sama kondekturnya.

Waktu berjalan amat lama, sampe ngantuk segala. Sejam lebih berlalu, dan kami salah turun! Harusnya di Pasar Babadan (sekitar 3 halte sebelum Terminal Bawen). Harusnya setelah turun di Pasar Babadan, sambung angkot lagi ke Pasar Jimbaran, barulah ojek ke Mawar Camp Ungaran. Tapi.. setelah turun di Terminal Bawen, kami disuruh (lebih tepatnya dipaksa) naik angkot untuk menuju Pasar Jimbaran. Singkat cerita akhirnya kami mencarter angkot sampai Mawar Camp Ungaran.

Selamat datang di Ungaran!

"Mungkin mirip sama anak kuliahan yg hidupnya belajar terus, lalu pas libur semester, ia liburan dan nikmatin gitu aja. Mirip juga sama kalo lagi lelah trus nyeruput teh anget 😄"

Itu yg gw rasakan selama perjalanan kemarin. Gw bahkan gak sekalipun jepret gambar selama perjalanan dari hp gw. Semua gambar di postingan ini diambil dari gawai temen serombongan. Dan setiap detiknya, ke-alpa-an, kerandoman, kerjasama tim, kedinginan karena hujan, semua hal negatif dan positif, ya gw nikmatin aja. Semua efek itu, semacam berupa dorongan ke badan yg bikin sesuatu jd menyenangkan. Yah, agak susah jg kalo dikonversi ke kata-kata rasanya gmn.

Kami sampe Mawar Camp Ungaran pas dzuhur. Kami repacking setelah menyewa tenda dan peralatan lain di basecampnya. Juga menitipkan barang bawaan ke penjaga basecamp. Ketika mau berangkat.. hujan turun lah dengan derasnya~~~

Soto ayam 8ribu
Kami menghabiskan waktu dengan... makan di warung dekat jalur pendakian. Cukup lama sampai akhirnya setengah 3 sore baru reda hujannya, kami baru memulai pendakian. Tapi gak lama, hujan turun lagi. Hingga pos 1, 2 dan 3. Sempat bimbang mau camp di pos 3 ini atau lanjut. Waktu sudah menunjukkan pukul 4 sore.

Namun demi mencapai titik lbh dekat ke puncak, kami bergerak ke pos 4. Hujan deras masih menemani, hingga gw sadar ada lintah nempel di kaki gw. Untuk pertama kalinya, pertama kalinya banget gw mendapati ada lintah ngisep kaki gw semenjak 8 tahun beraktivitas hiking.

Lintah Ungaran

Ternyata yg lain mengalami hal sama, ditempeli lintah. Tapi gak sampe nempel lama, diusir pake pisau pun sudah lenyap. Sampai pula kami jam 5 sore, di pos 4. Gak ada yg camping di sini kecuali rombongan kami.

Pos 4

Setelah pasang tenda dan flysheet, datang hujan paling deras di hari itu, beserta angin kencang. Saat itu gw kembali berucap syukur dalam hati, 'Ya Allah untung hujan besar ini datang abis kami selesai setting tenda dll'. Makin malam, banyak bgt pendaki yg menuju puncak, dan mereka tektok alias gak camping. Pas gw tanya, mereka ternyata pada camping di basecamp a.k.a titik awal pendakian.

Sekarang gw paham, ini Ungaran modelnya pada camping di basecamp, lalu ke puncaknya tektok. Itu semua karena di basecamp ada penyewaan tenda yg langsung terpasang, ada fasilitas listrik, WC, banyak warung dan spot foto. Sangat jarang yg buka tenda di tengah gunung kayak kami begini.

Pemandangan pagi dari depan tenda

Kami berjanji untuk berangkat ke puncak esok harinya jam 4 pagi. Tapi baru jam 5.30 lah kami berjalan. Dua orang gak mau ikut ke puncak. Tapi mereka berbaik hati masakin sarapan buat yg ke puncak. Ternyata jalur ke puncak sangat terjal dan licin berbatu sehabis hujan semalam. Track dari basecamp ke pos 4 gak ada apa-apanya dibandingkan pos 4 ke puncak.

Tanjakan ke puncak

Saat sunrise, itulah saat ambil foto terbaik. Walaupun kami masih di beberapa tebing bebatuan dan belum di puncak saat itu, tapi momen sunrise perlu diabadikan. Gak lama kami lanjut lg dan sampe puncak. Ternyata, puncaknya gak lebih bagus dibanding tebing kami foto ketika sunrise.

The hill dweller

Kami balik lagi dan tiba di pos 4 sekitar jam 9 pagi. Dan sarapan spaghetti saus bolognaise + sosis sudah dimasak oleh dua teman kami yg gak ikut ke puncak. Kami cepat-cepat makan, packing, dan turun dengan terburu-buru. Ini semua karena jadwal kereta pulang jam 1 siang!

Ketika turun, kami salah menuruni jalur, belok ke perkebunan teh Sekendil, yg sebenarnya masih sejalur dengan jalur Mawar, hanya beda percabangan. Tapi yg aneh, karena kami naik via jalur Mawar, turun via Sekendil sedangkan Sekendil ini berupa campground yg dikelola rapi oleh warga lokal sana, jadi ketika turun kami dimintai uang retribusi 5rb orang. Ini kalau lg bawa uang gpp, tp kalo uangnya kami titip di basecamp dan ga bawa sama sekali mau gimana??

Kebun Teh Sekendil
Warung 'petugas' area Sekendil

Lewat Sekendil ini sebetulnya jadi lebih lama karena muterin bukit, jadilah kami sampai basecamp Mawar jam 11. Gak pake lama, gak pake mandi, kami langsung cari ojek ke Pasar Jimbaran. Lalu bergantian nyoba order G*car sampai stasiun Semarang Poncol. Tapi gak ada satupun yg mau ambil. Bahkan di notes udh gw tulis: 'Nanti ditambahin jadi 250' karena saat itu tarifnya 170an utk satu mobil.

Udh lama coba order tapi nihil, akhirnya gw inisiatif untuk stop angkot apapun yg melintas. Kebetulan banget nget itu angkot lagi kosong gak ada penumpang. Kami nawar 200, dia maunya 300. Kami turunin jadi 250, tapi mas angkot kekeuh gak mau turun. Setelah dibujuk goda rayu agak maksa, akhirnya mau juga dia narik. Yeay!

Angkot meluncur sangat cepat dan sampe Semarang Poncol jam 1 kurang 15 menit. Hampir saja ketinggalan. Kalau ga ada mas angkot yg secara takdir disiapkan untuk kami yg ngaret-ngaret ini, mungkin sudah tertinggal kereta.

Di balik semua ini, menurut gw apa yg bikin liburan kali ini berkesan adalah sangat penting menerapkan jeda dalam berlibur. Dulu yg hampir tiap minggu gw ke gunung, hampir gak senang, kebanyakan capeknya.

Walaupun hampir tiap minggu itu ngeliat kabut di hutan yg mana seharusnya gw bisa nikmatin, tp malah lebih kerasa capeknya aja. Keseringan berlibur ternyata ada dampak buruknya (buat gw), jadi gak merasakan kesenangan yg natural.

Sekarang kalo liburan yg jauh dan mesti reservasi tiket/penginapan, gw kasih jeda antar trip itu kira-kira 3 bulan atau lebih, dengan begitu terasa lebih menyenangkan. Walaupun ada apesnya kaya kelewatan halte, atau kehujanan lebat, tp gw nikmatin semua itu. Di tiap liburan yg berjeda, ada lompatan energi yg menghasilkan memori baru dan enak untuk diingat. Gw bahagia.

1. mas..dari terminal bawen ke bc mawar..tdk ada angkutan umum ya?klo sendirian..apa ada ojek langsung ke bc?

2. Nyuwn ngapunten baru membalas. Dari term bawen ada angkutan seperti angkot turunnya di pasar jimbaran. dari situ baru naik ojek ke basecamp.

Postingan populer dari blog ini

Saduran The Book of Codes

Berikut ini saduran novel karya Zaynur Ridwan yang judulnya The Book of Codes. Buku ini tentang dunia perbankan, ada dramanya juga, mungkin ada juga sedikit unsur politiknya. Nah disimak aja tentang potongan novel ini. ### Secara sederhana kau bisa memahami seperti ini. Di sini ada Eyang, Ajeng dan kamu, Alif. Eyang punya uang 200 rupiah. Eyang meminjamkan uang kepada kalian berdua masing-masing sebanyak 100 rupiah lalu meminta pengembalian bunga 5 rupiah yang sama artinya dengan 5%. Itu berarti Eyang akan mendapatkan 210 rupiah dari kalian berdua, dengan asumsi masing-masing memberikan 105 rupiah, pada masa yang ditentukan dalam kesepakatan. Uang tersebut haruslah dicetak berdasakan jumlah barang yang ada, dalam hal ini sejumlah 200 rupiah. Ini teori ekonomi paling mendasar. Nilai uang disesuaikan berdasarkan nilai barang. Itu berarti Ajeng menjual barang yang nilai rupiahnya adalah 100 dan Alif menjual barang jug dengan nominal yang sama. Jika kalian berdua telah menjual habis da

First Trail Race

Jadi, setelah gw nyobain trail run di Gn Gede, sekarang gw pengen nyobain ikutan lomba trail run. Nah biasanya gw ikut lomba lari itu paling 5k, 10k atau paling jauh 21k. Skrg gw mau ngikutin lomba trail run pertama, dan jaraknya 30K. Agak nekat sih sebetulnya, tapi gw mau ikut lomba ini gara2 gw lg nganggur waktu itu, baru balik dari kampung inggris dan gak punya kerjaan. Duit pun gak ada, untungnya lomba ini fun run, biayanya cuma 50ribu aja, ya walaupun gak dapet medali atau kaos, cuma refreshment pas race, sama milo dan handuk tangan di finish. [Tulisan ini aslinya dibuat 6 Juli 2017, 2 tahun setelah pulang dari Tes IELTS habis dibina di Kampung Inggris] Waktu itu gw lagi abis2nya duit deh pokoknya, abis dari kampung inggris, abis tes ielts yg harganya 2.4 juta, eh lagi abis duit gitu malah dikeluarin lagi buat ikut lomba ini haha. Begitulah, kalo lg stres2nya gak punya uang, kita harus cari cara biar bisa menghilangkan kejenuhan itu, walaupun dengan pengorbanan.  Lombanya